Bagikan Masker Gratis, Upaya Edukasi serta Sosialisasi Pandemi di Pamekasan

Pamekasan (beritajatim. com) – Personel gabungan lintas sektoral di Pamekasan membagikan masker gratis bagi asosiasi, Minggu (31/1/2021). Itu sebagai kelakuan antisipatif sekaligus memutus rantai penyebaran Coronavirus Disiase 2019 atau Covid-19 .

Hal itu dilakukan di sisi timur kawasan Monumen Arek Lancor, tepatnya dalam depan area Pos Utama Berdiam Yustisi. Kegiatan itu dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Pamekasan, Totok Hartono bersama sejumlah awak dari berbagai instansi berbeda.

Semisal personel TNI-Polri, Satuan Polisi Pamong Negeri (Satpol-PP) Pamekasan, serta personel dengan tergabung dalam Operasi Yustisi tenggat para relawan di Pamekasan. Makin mereka juga melakukan aksi sewarna di beberapa pusat keramaian pada area perkotaan, semisal di Pasar 17 Agustus Kelurahan Bugih, Jl Pintu Gerbang.

“Kegiatan ini sebagai langkah antisipasi, sekali lalu upaya kami bersama sejumlah badan terkait untuk mencegah sekaligus menahan rantai penyebaran Covid-19 khususnya di Pamekasan, ” kata Sekda Pamekasan, Totok Hartono.

Selain itu pihaknya menyampaikan bahwa bagi-bagi masker juga dilakukan sebagai cara nyata untuk memberikan edukasi sekaligus sosialisasi kepada masyarakat, agar selalu waspada dan tetap mematuhi adat kesehatan Covid-19.

“Jadi selain bagi-bagi kedok gratis, giat ini juga dilakukan sebagai upaya edukasi sekaligus sosialisasi bagi masyarakat agar selalu perdata terhadap pandemi ini. Sebab tabiat disiplin juga menjadi salah kepala kunci untuk memutus rantai penyaluran Covid, ” ungkapnya.

Pihaknya berharap kegiatan tersebut dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan, salah satunya secara selalu menerapkan prokes. “Kita harapkan sosialisasi ini dapat meningkatkan upaya dan kesadaran masyarakat akan pentingnya disiplin menerapkan protokol kesehatan Covid-19, ” harapnya.

“Namun tidak kalah penting dari semua ini, kita juga berharap agar pendemi segara berakhir, sehingga kita bisa kembali ke kehidupan normal seperti semula. Tentunya hal ini harus didukung sebab seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama memutus rantai penyebaran pandemi ini, ” pungkasnya.

Bersandar update peta sebaran virus corona yang dikeluarkan Tim Satgas Penanganan Covid-19 Pamekasan, Sabtu (30/1/2021), terdata sebesar 994 orang dinyatakan positif terkena Covid-19, meliputi 76 orang wafat, 818 orang sembuh, dan sisanya tahap isolasi. [pin/suf]