Bojonegoro Target 96 Ribu Lansia Mendapat Vaksin Covid-19

Bojonegoro (beritajatim. com) – Tanggal 29 Mei telah ditetapkan sebagai perayaan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN). Perayaan tersebut sebagai bentuk apresiasi kepada para penduduk lansia (lanjut usia) atas peranan penting dan semangat jiwa mereka.

Dalam tahun 2021 ini, peringatan Hari Lansia Nasional menarik tema Lanjut Usia Bahagia Bersama Keluarga. Sementara dimasa pandemi ini, lansia adalah salah satu kelompok rentan yang mudah terjangkit Covid-19. Untuk itu pemerintah telah mengalokasikan vaksinasi khusus lansia.

Di Kabupaten Bojonegoro, jumlah lansia yang ditarget mendapat vaksinasi Covid-19 hingga hari ini ada sebanyak 96. 896 orang. Dari jumlah tersebut, gelombang pertama yg sudah mengikuti vaksinasi sebanyak 11. 330 orang dan pada gelombang kedua sebanyak 4. 684 orang.

“Vaksinasi ini masih terus berjalan dan dilakukan di forty eight faskes maupun di tiap-tiap kecamatan, ” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bojonegoro Masirin, Sabtu (29/5/2021).

Sementara sesuai dengan laman kementerian sosial, Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) dicetuskan dan dicanangkan pada tanggal 29 Mei mil novecentos e noventa e seis di Semarang oleh Presiden RI pada saat itu, sebagai penghormatan atas service, pemikiran dan kebijakan Doctor KRT Radjiman Widiodiningrat.

Saat itu, Doctor KRT Radjiman Widiodiningrat didaulat oleh peserta sidang mulailah Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) tuk menjadi pimpinan sidang dikarenakan memiliki pemikiran yang cemerlang sekaligus sebagai anggota paling sepuh pada tanggal 29 Mei tahun 1945. Dari situlah kemudian hingga kini setiap tanggal 29 Mei dirayakan sebagai Hari Lanjut Usia Sedunia. [lus/kun]