Golongan Demokrat Kabupaten Mojokerto: 34 DPC Dukung Bayu Airlangga

Mojokerto (Beritajatim. com) – Musyawarah Daerah (Musda) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Demokrat Jawa Timur hingga kini belum dipastikan kapan mau digelar. Meski begitu, Musda Demokrat untuk memilih ketua definitif ini diprediksi mau mengalami aklamasi.

Ini lantaran, sebanyak 34 Dewan Pimpinan Cabang (DPC) mengklaim mendukung Sekretaris Lembaga Pimpinan Daerah (DPD) Demokrat Jatim, Bayu Airlangga. Aliran yang juga Wakil Kepala Komisi A DPRD Jatim ini mendapat dukungan per 34 DPC karena beberapa alasan.

Hal ini diungkap Ketua DPC Demokrat Kabupaten Mojokerto, Ayub Busono Listyawan. “Sampai saat ini, belum ada jadwal Musda kapan digelar. Seharusnya digelar dari awal, karena sudah diisi Plt sejak lama pasca Pakde (Soekarwo, red) mundur, ” ungkapnya, Jumat (21/5/2021).

Masih kata Abah Ayub (panggilan akrab, red) ini, pasca mantan Gubenur Jawa Timur tersebut mundur, posisi Ketua DPD Demokrat Jatim dijabat oleh Pelaksana Tugas (Plt). Posisinya dijabat Renville Antonio sebagai Plt Ketua DPD Demokrat Jatim. Namun posisi Plt Ketua DPD Jatim pun kembali berubah.

Ini setelah Renville dipercaya sebagai Bendahara Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Demokrat, jabatan diisi oleh Emil Elestianto Dardak yang merupakan Wakil Gubernur Jawa Timur. Terdapat dua kandidat terkuat yang diprediksi maju menjadi Ketua DPD Demokrat Jatim, yakni Emil Dardak dan Bayu Airlangga.

“Seharusnya sebelum puasa namun DPP menghadapi situasi KLB di beberapa daerah sehingga diundur. Jika digelar awal, harusnya Juli tapi kalau akhir ya awal September tahun ini, Demokrat harus menyelesaikan dua agenda. Musda dam Muscab, ” katanya.

Abah Ayub menjelaskan, sebanyak 23 DPC sempat meminta agar DPP Demokrat secepatnya menjadwalkan Musda Demokrat Jatim. Karena posisi Ketua DPD Demokrat Jatim terlalu lama dijabat oleh Plt, menurutnya hal tersebut akan berpengaruh dalam organisasi.

“Sampai saat ini, 34 DPC mendukung Mas Bayu tapi politik tidak bisa ditebak. Bisa tambah, bisa juga turun (dukungan). Karena seiring waktu yang berjalan juga, namun kalau turun mungkin sekitar 10 persen saja. 10 persen ya 4, untuk maju menjadi Ketua DPD, harus 20 persen dukungan dari DPC, ” jelasnya.

Menurutnya, banyak dukungan ke menantu Pakde Karwo tersebut lantaran beberapa alasan. Selain Bayu merupakan milenial, juga energik, pengusaha dan visioner. Meski diakui Emil juga milenial, namun Bayu dinilai disegani DPC lantaran turun langsung hingga ke Pimpinan Anak Cabang (PAC).

“Demokrat itu tanggap situasi, saat ini kaum milenial sehingga dari tingkat pusat dipimpin kaum muda. Mas AHY (Agus Harimurti Yudhoyono), bahkan tingkat DPC 90 persen dipimpin kaum milenial. Mas Emil juga muda namun, kami yakin Mas Bayu maju juga karena dorongan Pakde Karwo, ” tegasnya.

Sementara itu, Musda Demokrat digelar untuk memilih ketua definitif yang selama ini dijabat seorang Pelaksana Tugas (Plt) setelah Soekarwo mengundurkan diri karena menjabat komisaris utama salah satu BUMN dan berlanjut sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) sampai sekarang.

Posisinya dijabat Renville Antonio sebagai Plt Ketua DPD Demokrat Jatim, kemudian setelah nama yang bersangkutan dipercaya sebagai Bendahara Umum DPP Demokrat, jabatan diisi oleh Emil Elestianto Dardak yang sekarang tercatat sebagai Wakil Gubernur Jatim. [tin/ted]