Jembatan Ambrol, Jalan Nasional Via Situbondo – Banyuwangi Dialihkan

Banyuwangi (beritajatim. com) – Jembatan di Desa Pokok Buluh, Kecamatan Wongsorejo nyaris ambrol. Jembatan ini memper jalan nasional via Situbondo – Banyuwangi dan sebaliknya. Kondisi jembatan saat tersebut, tampak sebagian pondasi. Sehingga berbahaya untuk dilalui sebab kendaraan besar.

Akibatnya, kendaraan besar dan berat diinstruksikan untuk membelok arah. Baik dari Banyuwangi maupun dari Surabaya Melalui Situbondo.

Kendaraan dari Bali menuju Banyuwangi berlanjut ke Surabaya via Situbondo dialihkan melalui jalur selatan Jember. Sedangkan, kendaraan dari Surabaya menuju Banyuwangi via Probolinggo dialihkan melalui Lumajang, Jember. Lalu, kendaraan dari Probolinggo menuju Banyuwangi via Situbondo dialihkan lewat Prajekan, Bondowoso, Jember, Banyuwangi.

Jalur pemberian ini juga berlaku untuk arah sebaliknya yaitu dibanding Bali atau Banyuwangi. “Masih bisa dilalui namun dengan sistem buka tutup. Awak sudah koordinasi dengan Polres Situbondo dan Polres Probolinggo untuk kendaraan besar lewat selatan, ” kata Kasat lantas Polresta Banyuwangi, AKP Kadek Ary Mahardika, Kamis (11/3/2021).

Rusaknya jembatan ini diduga akibat seringnya terjadi hujan deras dan banjir di kawasan tersebut. Hingga kini, aparat masih melakukan proses perubahan jembatan, termasuk mengatur morat-marit lintas kendaraan yang meniti jalur nasional tersebut. (rin/kun)