KBRI Dar Es Salaam Berbagi Kesucian Idul Fitri untuk WNI di Tanzania

Surabaya – Berjalan menjalin tali silaturahim dan berbagi keceriaan dengan WNI di negeri akreditasi, KBRI Dar es Salaam membagikan paket makanan siap saji Idul Fitri khas nusantara kepada para WNI yang bermukim pada kota Dar es Salaam, di hari raya Idul Fitri yang jatuh pada tanggal 24 Mei 2020.

Program itu dilakukan karena situasi pandemi yang ada tidak memungkinkan KBRI menyelenggarakan silaturahim Idul Fitri bersama dengan WNI sebagaimana yang biasanya dikerjakan di tahun-tahun sebelumnya.

“Perayaan Idul Fitri tahun itu cukup spesial, karena dengan adanya situasi pandemi, banyak dari kita yang harus merayakannya bukan di dalam kesemarakan dan keceriaan berkumpul bergandengan sanak saudara, namun dalam kesejukan rumah masing-masing, dengan mengandalkan teknologi komunikasi yang ada. Semoga Idul Fitri tahun ini tidak kehilangan makna karena keterbatasan yang tersedia tersebut. Sebaliknya, manfaatkanlah momentum tersebut untuk menggali lebih dalam makna spiritualisme Idul Fitri agar kita dapat benar-benar terlahir menjadi insan yang lebih baik. ” Demikian disampaikan Duta Besar RI Dar es Salaam Prof. Dr. Ratlan Pardede dalam video sapaan kepada WNI di negara akreditasi KBRI Dar es Salaam.

Duta Besar RI juga pasti menghimbau masyarakat untuk tetap memelihara kesehatan
selama masa pandemi. “Tidak lupa saya mengajak segenap untuk tetap menjaga
kesehatan melalui physical distancing dan sanitasi diri, serta tetap saling menanggung dan menguatkan satu sama asing agar dapat melewati masa pandemi ini. ” Himbau Dubes MENODAI.

Sebanyak 54 WNI yang tinggal di kota Dar es Salaam yang mendapatkan paket
makanan tersebut menyambut elok program tersebut. Salah satunya adalah Bapak
Kusworo, WNI yang telah 4 tahun tinggal pada Dar es Salaam untuk berfungsi sebagai
tenaga ahli kongsi manufaktur sepatu di Dar es Salaam.

Beliau menyampaikan “Ini program yang sangat bagus untuk mengobati rasa rindu situasi berlebaran di tanah air di dalam situasi pandemi ini. ”

Paket makanan idul fitri tersebut juga diberikan kepada pengelola Masjid Mamor, Masjid terbesar di Tanzania, sebagai bentuk rasa silaturahmi antar umat muslim Indonesia serta Tanzania.

Selain tersebut, kepada WNI yang tinggal di luar kota Dar es Salaam, sebagai bagian dari upaya melestarikan kesehatan masyarakat untuk mencegah transmisi COVID-19 serta
antisipasi kesulitan akses terhadap logistik yang diperlukan, KBRI Dar es Salaam selalu kembali mendistribusikan paket tahap kelima bantuan pangan dan sanitasi kepada WNI yang bermukim di Zanzibar dan Arusha.

Distribusi dikoordinasikan dengan WNI yang berada di daerah tersebut, dalam hal ini WNI yang telah puluhan tahun tinggal di Arusha sebagai rohaniawan, dan WNI yang bekerja sebagai tenaga terampil di industri pariwisata Zanzibar.

Sebanyak 102 WNI zaman ini bermukim di wilayah pengesahan KBRI Dar es Salaam dan sebagian besar tengah melakukan physical distancing untuk mencegah penularan Covid-19. KBRI Dar es Salaam berkomitmen untuk mengupayakan agar seluruh WNI tersebut tetap berada dalam status sehat dan aman. (ted)