Nikmatnya Roti Canai Malaysia Ala Gresik

Nikmatnya Roti Canai Malaysia Ala Gresik

Gresik (beritajatim. com) – Roti canai memang sudah dikenal pada Malaysia, India maupun Singapura. Roti yang berbentuk pipih itu, sangat nikmat saat disantap dengan dicocol kuah kari serta ditaburi keju maupun coklat sambil diselingi secara minum teh tarik.

Di Jawa Timur, khususnya Gresik. Tidak banyak ditemukan penjual roti canai. Kalaupun ada hanya utama atau dua pedagang yang menjajakan roti tersebut.

Roti canai Malaysia ala Gresik mampu ditemukan di Jalan Yos Sudarso. Tepatnya, di dekat sebelum pintu masuk pelabuhan. Alvi Rizqiah (26) penjual roti canai asal Daerah Daun, Kecamatan Sangkapura Bawean, Gresik menuturkan, dirinya belajar membuat adonan roti canai sewaktu merantau ke negara Malaysia.

“Sewaktu merantau di Malaysia saya coba-coba membuat adonan roti canai dan saat dijual pembelinya cukup ramai, ” ujarnya, Jumat (11/09/2020).

Belajar lantaran pengalaman itu kata Alvi, sewaktu kembali pulang dari perantauan. Dirinya, membuka lapak di Gresik. Tidak diduga, roti canai Malaysia gaya Gresik mendapat sambutan positif sebab pelanggannya.

Roti Canai Ala Gresik

“Setiap hari tersedia 250 biji adonan selalu bersih. Pelanggan kami pun tidak cuma dari masyarakat biasa. Para pejabat pun juga pernah pesan roti canai buatan saya, ” ujarnya.

Roti canai yang dijual Alvi Rizqiah banyak variasinya. Mulai dari roti canai berkuah kari, roti canai nampan coklat serta roti canai campur telur. Harganya pun, tidak menguras kantong.

Satu porsi roti canai dijual mulai dari makna 3. 500 hingga Rp 10. 000. Sedangkan untuk satu gelas teh tarik dijual Rp 3. 000.

Gilang (33) salah satu pelanggan roti canai asal Manyar mengatakan, rasa roti canai buatan Alvi Rizqiah betul pas dan cocok bagi bertopang masyarakat Gresik.

“Rasanya sangat pas dan tidak tersisih dibandingkan dengan roti canai yang dijual di daerah lain, ” katanya.

Setiap hari lapak milik Alvi Rizqiah yang menjual roti canai selalu ada pembeli. Rata-rata pembelinya memesan secara cara dibungkus. Termasuk diantaranya para ojek online yang memesan sesuai permintaan pembeli. (dny/ted)