Pandemi Covid-19, Begini Formasi Paskibraka HUT RI di Sampang

Sampang (beritajatim. com) – Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT-RI) yang ke-75 Tahun 2020 di Kabupaten Sampang dipastikan tak dilengkapi dengan formasi lengkap Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) seperti tahun 2019. Pasalnya, pelaksanaan pengibaran alam merah putih harus mengikuti arahan atau surat edaran dari was-was.

Imam Sanusi Besar Disporabudpar Kabupaten Sampang mengatakan kira-kira waktu lalu tim telah melaksanakan seleksi ke sejumlah pelajar buat dijadikan Paskibra. “Setelah seleksi, ternyata terjadi pandemi Coronavirus Disease 2019, dan tidak dilanjutkan latihan, ” terangnya melalui whatsapp, Sabtu (1/8/2020).

Mantan guru Sosiologi Sekolah Menengah Atas (SMA) Kampung 1 Sampang itu menambahkan, di panduan pelaksanaan peringatan HUT-RI selalu tidak ada pasukan Paskibra. “Kami tetap mengacu pada panduan, tatkala untuk pengibaran bendera detik-detik Maklumat dilakukan dengan sederhana, ” singkatnya.

Situasi senada juga dijelaskan oleh Agus Suryantono Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemkab Sampang. Bahwa dalam status pandemi Covid 19, upacara rujukan HUT RI dilaksanakan secara sederhana dan khidmat, sangat minimalis dan mematuhi protokol kesehatan.

“Pasukan pengibar bendera di wilayah menyesuaikan dengan Paskibraka di Istana Merdeka Jakarta. Komposisinya 1 orang komandan, 3 orang pengibar bendera dari cadangan paskibra tahun 2019 lalu, peserta upacara 20 karakter dari TNI/Polri, korp musik 24 orang, MC 2 orang, pasukan pelaksana tembakan kehormatan 17 orang, ” jelasnya.

Sekedar diketahui, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Terhenti, setiap 17 Agustus rutin melaksanakan peringatan HUT-RI yang dipusatkan pada pendopo setempat. Serangkaian kegiatan, laksana pengibaran bendera oleh Paskibra dan lantunan lagu-lagu perjuangan berkumandang serasa menghipnotis para tamu maupun seruan bisa merasakan detik-detik sang Proklamator membacakan teks Proklamasi kala tersebut. Tetapi, karena ternjadi pandemi Covid 19. HUT-RI yang ke 75 nanti berlangsung secara sederhana. [sar/suf]