Parkir Sembarangan, Puluhan Kendaraan di Gresik Ditilang

Gresik (beritajatim. com) – Pengendara roda empat, atau lebih yang melintas di jalan besar wilayah hukum Polres Gresik kudu ekstra hati-hati jika tidak ingin ditilang petugas karena parkir sembarangan.

Selain parkir ceroboh, petugas juga melakukan tindakan terhadap kendaraan dump truk yang dianggap over load (melebihi kapasitas muatan) saat melintas di jalan raya.

Berdasarkan catatan Satlantas Polres Gresik. Pada bulan awut-awutan, ada 79 kendaraan yang menentang rambu-rambu lalu lintas dilarang parkir di jalur trouble spot, serta jalur black spot.

Kanit Patroli Satlantas Polres Gresik Ipda Darwoyo menuturkan, dari total 79 kendaraan yang ditindak. Sebanyak 31 diantaranya merupakan kendaraan truk kecil.

“Pelanggaran larangan parkir yang paling banyak didominasi truk kecil. Sedangkan kendaraan penumpang unum menempati urutan kedua secara jumlah 15 kendaraan, ” tuturnya, Selasa (8/09/2020).

Patuh Darwoyo, penindakan yang dilakukan petugas di lapangan sebagai bentuk supaya ada efek jera bagi pengemudi maupun pengusaha dump truk yang memarkir kendaraannya sembarangan, atau meninggalkan kapasitas muatan.

“Lha wong sudah kekangan tanda parkir di bahu berkepanjangan. Kalau tetap membandel kami tilang, ” ujarnya.

Terkait dengan kendaraan dump truk dengan over loas lanjut dia, sebetulnya sosialisasinya sudah dilakukan berkali-kali. Namun, di lapangan masih banyak ditemukan pelanggaran.

“Kalau dibiarkan kuatirnya muatan yang melebihi kapasitas bisa membahayakan pengendara lainnya, ” ungkap Darwoyo.

Razia terhadap kendaraan yang melanggar rambu larangan parkir, serta dump truk yang over load bakal terus dilakukan. Langkah ini diambil sebagai upaya menekan angka kecelakaan laka lantas. Sebab, berdasarkan teori aparat kecelakaan diawali dari pelanggaran. (dny/ted)