PDIP Jatim Bangga Peringatan HUT ke-48 Diganjar Tiga Rekor MURI

Surabaya (beritajatim. com) – Jajaran pengurus DPD PDI Perjuangan Jawa Timur bangga dan bersyukur pada penganugerahan tiga rekor MURI terpaut peringatan HUT ke-48 PDI Perjuangan.

“Alhamdulillah, penghargaan sejak MURI diterima DPP PDI Perjuangan kemarin. Kami tentu senang dan bangga. Meski demikian, bagi ana penghargaan itu bukan tujuan sari, ” kata Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Kusnadi di Surabaya, Rabu (20/1/2021).

Terpenting, sebut Kusnadi, melalui momen HUT ke-48, PDI Perjuangan telah memperlihatkan kiprah nyatanya dalam hal peduli lingkungan dan masyarakat bawah.

“Ini yang paling penting sebenarnya, yaitu sesuai instruksi Ketua Umum Pokok Megawati Soekarnoputri, bahwa kader PDI Perjuangan harus memperhatikan kelestarian dunia agar terjaga keseimbangan alam, ” jelas Kusnadi yang didampingi Penulis DPD PDIP Jatim, Sri Untari Bisowarno.

“Kader PDI Perjuangan juga selalu diingatkan agar sekali-sekali tidak meninggalkan rakyat. Harus selalu hadir di tengah-tengah anak buah untuk mendengar permasalahan sekaligus menolong solusi penyelesaiannya, ” tambah politisi yang juga Ketua DPRD Jatim ini.

Pernyataan tersebut disampaikan pasca diterimanya tiga rekor MURI bagi PDI Perjuangan di Senin (18/1/2021) terkait peringatan HUT-nya yang ke-48.

Tiga rekor MURI tersebut, yakni buat kategori peserta rapat virtual, penanaman pohon oleh anggota partai kebijakan, dan pembagian nasi tumpeng terbanyak dalam kegiatan memperingati HUT ke-48 PDI Perjuangan.

Penulis DPD PDIP Jatim, Sri Untari menambahkan, seperti penanaman pohon dengan dilakukan serentak dalam peringatan HUT ke-48 Partai, tak sekadar menghijaukan lahan-lahan kosong atau lahan yang mulai gundul.

Akan tetapi dalam jangka panjang, keberadaan pokok kayu juga bisa melestarikan sungai dan mata airnya, yang menjadi sumber kehidupan. Juga melestarikan danau, miring, serta lereng-lereng gunung.

Karena itulah, lanjut Untari, benar di momen HUT ke-48 di dalam 10 Januari lalu, PDI Perjuangan Jatim bersama kader-kader Partai memendam ratusan pohon penghijauan di medan Arboretum (titik nol sumber Brantas), di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Tak hanya tersebut, pihaknya juga bersih-bersih kali-hulu Sungai Brantas, serta melepas satwa burung dan ikan.

Sesudah penanaman pohon, PDI Perjuangan Jatim menggelar syukuran di Wisma Perjuangan, di Oro-oro Ombo, Kota Batu.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya membagikan sebanyak 48 tumpeng ke masyarakat sekitar Wisma Perjuangan.

Oleh karena dalam masa pandemi Covid-19, terang Untari, pembagian tumpeng hanya menghadirkan cabang warga agar tidak menimbulkan kerumunan. Tumpeng-tumpeng lainnya, dibagikan ke rumah-rumah warga.

“PDI Perjuangan besar karena dukungan dan kepercayaan masyarakat. Kami selalu akan muncul di tengah-tengah masyarakat, baik pada kala senang maupun susah, ” tegas perempuan yang juga Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim ini.

Sebelum pembagian tumpeng, imbuh Untari, jajaran pengelola DPD, dan anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim yang sedia di Wisma Perjuangan, mendengar suruhan Megawati terkait peringatan HUT Partai secara daring.

“Kalau kemudian yang kami lakukan, serta di momen yang sama pula dilakukan serentak di daerah asing mendapat perhatian pihak MURI, sungguh Alhamdulillah, ” tuturnya.

Malam harinya sebagai pamungkas acara, digelar panggung terbuka menampilkan kurang atraksi seni budaya oleh Pranata Kebudayaan Nasional (BKN) PDIP Jatim.

Acara yang dikemas secara sederhana itu menampilkan kurang atraksi seni dengan tema ‘Selamatkan Bumi’. (tok/ted)