Pemkab Jember Beli Mobdin Lokal, Hendy: Sepanjang Ada Duitnya

Jember (beritajatim. com) – Hendy Siswanto, bupati terpilih Kabupaten Jember, Jawa Timur, siap membeli mobil produksi dalam negeri untuk memenuhi hajat kendaaraan dinas organisasi perangkat wilayah (OPD). Syaratnya, asal anggaran sampai.

“Sepanjang duitnya tersedia ya beli. Mungkin produksi di dalam negeri (mobil SMK) Solo kita beli, (mobil produksi) Pindad kita beli. Kalau ada mobil penerapan dalam negeri kita beli. Jika Jember punya uang. Sekarang kita mau bangun dulu Jember, ” kata Hendy.

Hendy sendiri sudah membeli mobil Maung produksi PT Pindad (Perindustrian TNI Angkatan Darat) buat kendaraan operasional pribadi. Mobil seharga Rp 600 juta ini dibiayai dengan uang sendiri. “Saya kalau mau ngecek ke gunung-gunung pakai apa. Suruh jalan kaki sungguh emoh. (Kalau pakai sepeda motor trail) itu arek enom-noman. (Kalau saya pakai sepeda motor trail) jatuh, mati dewe aku. Itu safety buat saya sendiri, ” katanya.

Suriyadi, Inspektur Mutu PT Pindad, membenarkan kalau Hendy adalah bupati pertama di Indonesia yang membeli mobil Maung Pindad tersebut. “Ini merupakan suatu kebanggaan bagi kami, ” katanya, sebagaimana dilansir Humas Hendy Siswanto Center, Selasa (16/2//2021).

Warna hitam yang dipesan Hendy adalah warna khusus. Mobil tersebut diantar langsung dari pabriknya sebelum dirombak secara khusus. Suriyadi berniat pembelian Maung Pindad oleh Hendy bisa memotivasi pejabat dari kawasan lain untuk mendorong berkembangnya industri mobil nasional. [wir/kun]