Pemkab Magetan Tingkatkan Standart Pencegahan Cocid Jadi 5M

Magetan (beritajatim. com) – Untuk memutus tanda rantai penyebaran corona virus disease, Satgas penanganan dan penanggulangan Covid-19 Magetan meningkatkan standar pencegahan menjadi 5M.

“Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Tujuannya, agar penularan dan penyebaran Covid-19 tidak terus meroket, ” sebutan Sekda Magetan, Hergunadi, usai menyelenggarakan rapat evaluasi di Pendopo Surya Graha, Selasa (12/1/2021).

Pihaknya, menekankan bahwa setiap OPD dan desa untuk membentuk posko Covid-19. Tujuannnya, mengantisipasi klaster perkantoran dan keluarga. Masing-masing OPD diharapkan menjadi percontohan implementasi Prokes (Protokol Kesehatan) bagi masyarakat.

“Semua pihak harus bersinergi dan berkoordinasi aktif agar penanganan Covid-19 di Magetan mampu optimal, ” tegasnya.

Sementara itu, perwakilan Dinas Kesehatan tubuh Magetan, Agus Yudi Purnomo membaca bahwa akhir-akhir ini ada tren peningkatan pasien Covid-19. Angka itu juga diikuti oleh peningkatan pasien Covid-19 yang meninggal. Tren tersebut tidak hanya terjadi di Magetan namun terjadi di hampir segenap Jawa Timur.

“Semua pihak harus lebih meningkatkan penerapan protokol kesehatan, tidak cukup dengan 3M, tapi 5M yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, membatasi mobilitas & interaksi serta menjauhi kerumunan, ” pungkasnya. [asg/suf]