Pemuda Asal Menganti Gresik Edarkan Sabu dan Ratusan Pil Koplo

Gresik (beritajatim. com) – Johar Prosojo (23) Pemuda asal Dukuh Laban, Kecamatan Menganti, diamankan oleh petugas Satreskoba Polres Gresik. Johar yang cuma tamatan SMP tersebut berurusan dengan petugas karena kedapatan mengedarkan 2, 35 gram sabu dan ratusan pil koplo.

Penangkapan Johar bermula, aparat Satreskoba Polres Gresik mendapat keterangan dari masyarakat ada peredaran sabu dan 306 butir pil koplo di Desa Laban, Kecamatan Menganti, Gresik.

Mendapat keterangan tersebut, petugas langsung meluncur ke TKP. Saat hendak ditangkap pada tempat tinggalnya. Pelaku kaget karena sudah dikepung petugas.

“Semula pelaku memburu bukan sebagai pengedar. Namun, zaman digeledah petugas menemukan pipet kaca yang di dalamnya berisi kristal warna putih diduga sabu dengan berat timbang kurang lebih 2, 35 gram, ” ujar Kasatreskoba Polres Gresik AKP Heri Kusnanto, Senin (10/08/2020).

Selian menyita narkoba jenis sabu, pelaku juga menyimpan 310 butir pil koplo dan 306 butir tablet dengan logo Y yang disimpan di dalam almari baju.

“Pelaku beserta barang fakta sudah kami amankan untuk pemeriksaan lebih lanjut. Sebab, tak merapatkan kemungkinan ada jaringan dari asing Gresik yang terlibat, ” ujar Heri.

Sementara, pelaku Johar Prosojo mengaku sabu dan ratusan pil koplo yang disimpan merupakan titipan yang akan diedarkan. “Kalau ada yang pesan kami layani. Selanjutnya, barang tersebut dijual lagi dengan cara diecer nilai paket hemat, ” ungkapnya.

Atas perbuatannya itu, karakter Johar Prasojo dijerat pasal 114 ayat (1) Subs Pasal 112 ayat (1) UU RI cetakan 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dan pasal 196 subs pasal 197 UU RI nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan. [dny/kun]