Penderita Sembuh Covid-19 di Lumajang Donorkan Plasma Darahnya

Lumajang (beritajatim. com) – Pasien sembuh konfirmasi positif Rivaldi asal Kecamatan Jatiroto mendonor plasma darah pada Unit Tranfusi Darah (UTD) PMI Lumajang. Aksi kemanusian pendonor plasma pertama dari pasien positif Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh pada (13/06/2020) lalu.

“Ini kebetulan golongan darahnya AB, ” kata Direktur RSUD dr. Haryoto, dr. Halimi Maksum pada wartawan, Sabtu (11/7/2020).

Sedang kata dia, pihaknya berharap pasien lain yang dinyatakan sembuh sanggup mendonorkan dengan golongan darah asing seperti A, B, O. Jadi Lumajang punya plasma lengkap & bisa dimanfaatkan penyembuhan.

“Kalau ini berhasil tentu kita akan memanfaatkan itu dan tetap dibutuhkan banyak pihak, ” jelasnya.

UTD PMI Lumajang merupakan salah satu dari UTD di Indonesia dengan memiliki izin dan sertifikat menggodok darah. Sedangkan di Jawa Timur sendiri yang mendapat alat apheresis donor dari PMI Pusat cuma 3 UTD yakni Surabaya, Sidoarjo dan Lumajang.

“Mudah-mudahan ini menjadi obat penyembuh untuk pasien terkonfirmasi Covid tidak hanya di Lumajang dimanapun, ” terangnya.

Apabila uji coba penyembuhan Covid-19 mengggunakan plasma darah berhasil di Lumajang, kabupaten asing membutuhkan ini bisa meminta tumpuan ke Kota Pisang. (har/ted)