Pengamalan Ibadah Paskah di Kota Kediri Berlangsung Aman

Kediri (beritajatim. com) – Wali Kota Kediri Abdullah Duli Bakar beserta Kapolresta Kediri AKBP Eko Prasetyo dan Komandan Kodim 0809 Letkol Kav Dwi Agung memeriksa langsung kondisi Gereja St. Vincentius A Paulo dan Gereja Santo Yoseph Kediri, Jumat (2/4/2021). Hal ini dilakukan untuk memastikan pengikut kristiani di Kota Kediri dapat menjalani ibadah Paskah dengan aman dan piawai.

Usai mengabulkan pemantauan Wali Kota Kediri mengungkapkan agar umat Kristiani tidak takut dan kacau untuk menjalani peribadatan sebab Forkopimda Kota Kediri telah menyiapkan pengamanan yang teliti. Sejauh ini pelaksanaan ibadah di Kota Kediri berlaku aman dan lancar. Beserta terus menegakkan protokol kesehatan dalam pelaksanaan ibadah.

“Saya diajak Pak Kapolres & Pak Dandim untuk mengunjungi gereja-gereja yang ada dalam Kota Kediri. Forkopimda ini semua menginginkan bahwa ibadah Paskah di Kota Kediri ini berjalan dengan damai, lancar dan tidak terkendala apapun. Ini yang harus kita pastikan di Kota Kediri, ” ujarnya.

Wali Kota Kediri memohon kepada seluruh klub di Kota Kediri buat menjaga kebersamaan. Agar seluruh umat yang menjalankan ibadah di Kota Kediri merasa nyaman.

“Alhamdulillah anak buah Pak Kapolres dan anggota Pak Dandim semua sudah disebar kemana-mana. Saya mohon doa kepada seluruh masyarakat yang ada di Kota Kediri biar kita semua bisa melayani ibadah secara tuma’ninah, secara nyaman dan itu yang menjamin adalah negara. Era ini kita sedang melaksanakan itu. Mari kita berdoa semua berjalan dengan cantik khususnya dalam menjalankan ibadah, ” pungkasnya.

Pada kegiatan ini, Kapolresta Kediri AKBP Eko Prasetyo menjelaskan untuk pengamanan ibadah Paskah ini pihaknya telah melakukan pengamanan yang cermat di setiap Gereja. Tim gabungan dari Polresta Kediri, Kodim 0809 Kediri serta Pemkot Kediri telah diterjunkan untuk melakukan pengamanan berjumlah agak 825 personil.

“Sebelum pelaksanaan ibadah dilakukan sterilisasi oleh tim Gegana Brimob. Alhamdulillah untuk kesibukan keagamaan dari kemarin sampai hari ini berjalan secara aman dan kondusif, ” jelasnya.

Komandan Kodim 0809 Kediri mengungkapkan siap memberikan dukungan gaya penuh pengamanan ibadah Paskah di setiap Gereja dengan ada di wilayah Koramil masing-masing. Lalu per tanah air juga mendapatkan satu ranpur anoa dengan kekuatan utama regu yang saat ini ada di Gereja St. Vincentius A Paulo Kediri.

“Ini untuk memberikan rasa aman bagi saudara-saudara kita yang melakukan ibadah. Kita memberikan perkuatan penuh. Jumlah anggota ada 1 SSK dan ditambah ranpur satu regu, ” ungkapnya.

Dalam kegiatan ini turut siap Sekretaris Daerah Kota Kediri, Plt. Kepala Bagian Ketenteraman Rakyat Kota Kediri, Kepala Satpol PP Kota Kediri, dan Camat Kota. [nm/suf]