Penjaga Kabupaten Kediri Bakal Terima Bantuan 1. 000 Punggung Sapi

Kediri (beritajatim. com) – Pemerintah Kabupaten Kediri menjalin komunikasi dengan pemerintah pusat dalam program mas bantuan seribu ekor lembu. Bantuan itu nantinya diberikan kepada komunitas peternak rakyat, diantaranya di wilayah Kecamatan Ngadiluwih.

Patuh keterangan Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana, saat ini sudah ada beberapa pihak yang melakukan survei.

“Kemarin sudah ada beberapa bagian yang survei ke SPR yang ada di Kecamatan Ngadiluwih. Salah satunya karena dianggap memiliki infrastruktir SPR sudah cukup baik. Sandaran 1. 000 ekor sapi, diantarabya 500 ekor sapi import serta 500 akhir sapi bakalan, ” katanya.

Sementara itu, Professor Moladno selaku kepala pusat studi pembangunan pertanian dan pedesaan IPB ( Institut Pertanian Bogor) membaca, pihaknya merespon ajakan Tumenggung Kediri untuk merancang kegiatan peternakan yang disinergikan kebutuhan peternak rakyat dengan negeri pusat.

Jadi kegiatan dari pusat ke rakyat betul sinerginya sangat baik. “Untuk bantuan sapi memang ada, yang aku dengar namanya korporasi peternakan. Ini sedang diverivikasi, moga dapat, ” kata Moladno.

“Pak Bupati yang pastinya tahu, beliau bilang zaman ini sedang melakukan verifikasi, baik dari Dinas maupun dari pusat. Saya tunggal tahu, tim pusat dan tim Provinsi sudah pegari melakukan verifikasi, ” ungkapnya.

Bantuan sapi yang kemungkinan nantinya dikasih berupa sapi pedaging. “Kalau programnya ada 1. 000 ekor sapi, separuh buat pembiakan dan separuh untuk penggemukan. Istilahnya untuk penanaman, penggemukan dan pembiakan. Berdoa saja mudah mudahan lulus, ” jelasnya.

Diakuinya pada saat periode pandemi sekarang, terjadi penurunan permintaan. Tetapi untuk pwnjualan masih bagus, hanya lengah. [adv kominfo/nm]