Ratusan Orang Minta Bantuan Kaidah Posbakum Universitas Jember

Jember (beritajatim. com) – Fakultas Hukum Universitas Jember memiliki pos bantuan hukum (posbakum) di kantor Pengadilan Daerah Jember, Jawa Timur. Ratusan orang telah datang menodong bantuan sejak awal tahun hingga Mei 2021.

Sampai awal Mei 2021 tercatat 116 orang pencari keadilan dari kalangan masyarakat tidak mampu yang memanfaatkan layanan bantuan kaidah ini. Dekan FH UNEJ Bayu Dwi Anggono mengutarakan, ada sejumlah layanan yang diberikan posbankum tesebut, kurun lain pemberian informasi norma, konsultasi hukum, pemberian petunjuk hukum, dan pembuatan aplikasi dan gugatan.

Pemberian tumpuan hukum ini melibatkan pendidik, paralegal, advokat mitra Biro Pelayanan dan Bantuan Adat (BPBH) FH Unej, serta mahasiswa. Keberadaan posbakum ini diharapkan membuat pola pengorbanan FH Unej lebih komprehensif, sistematis, dan berkelanjutan. “Kantor Posbakum didesain modern sebagai bentuk keseriusan kami pada memberikan kenyaman, ” sebutan Bayu.

Rektor Universitas Jember Iwan Taruna menegaskan, posbakum itu adalah implementasi tridharma perguruan tinggi. “Posbakum ini didirikan periode dari ikhtiar kita seluruh untuk membawa manfaat untuk sesama di bidang pendampingan hukum, ” katanya, sebagaimana dilansir Humas Unej.

Ketua PN Jember Marolop Simamora mengatakan, era ini pihaknya bersama FH Unej tengah beradaptasi secara situasi pandemi dengan mempersiapkan layanan posbakum daring. Oleh karena itu warga yang membutuhkan bisa berkonsultasi tanpa harus hadir langsung ke PN Jember. [wir/kun]