Rayakan Hari Lahir Pancasila, Raka Bup Ajak Masyarakat Kediri Lawan Radikalisme

Kediri (beritajatim. com) – Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mendatangi perayaan Hari Lahir Pancasila di Kantor DPC PDI Perjuangan setempat, Senin (31/5/2021). Dalam kesempatan itu, dirinya mengajak masyarakat untuk melawan radikalisme.

Jadwal diawali dengan menyanyikan Nusantara Raya. Kemudian peserta kesibukan merefleksikan Pancasila sebagai kaidah bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Bupati Hanindhito Himawan Pramana berpesan kepada seluruh peserta dan masyarakat se-Kabupaten Kediri untuk selalu berperang melayani radikalisme. “Mari merayakan Hari Lahirnya Pancasila, supaya kita jauh dari radikalisme, ” ajaknya.

Bupati yang akrab dengan sebutan Mas Bup ini pula menyebut adanya indikasi beberapa Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terpapar radikalisme. “Kita akan memberikan quisioner buat ASN agar kita cakap berapa banyak yang terpapar, ” tambah Mas Bup.

Untuk pemuda dalam Kabupaten Kediri, lanjut Raka Bup, yang sudah tiba luntur ideologi serta pengertian mengenai pancasila, Ia menyilakan kembali memahami dan meresapinya. “Saya minta, ayo dibaca dan dipahami lagi vokabuler dari setiap kata-kata itu, lalu terapkanlah dalam kesibukan sehari-hari, ” imbuh Besar Daerah yang hobbi bersepeda ini.

Tentang perayaan lahirnya Pancasila tersebut, Mas Bup juga mengimbau untuk seluruh warga Kabupaten Kediri, bpada 1 Juni 2021 untuk mengibarkan bendera penuh satu tiang. “Saya himbau untuk semua masyarakat se-Kabupaten Kediri, untuk mengibarkan bendera merah putih penuh satu tiang. Termasuk pada Balai Desa, Kantor Kecamatan, dan Kantor Kabupaten, ” pungkasnya. [adv kominfo/nm]