Romantisme Nabi Juga Kita Teladani

Romantisme Nabi Juga Kita Teladani

TIMESINDONESIA, JAKARTA SUDAH pernah dengerin lagu “Aisyah Orang Rasulullah” yang dicover oleh Via Valen? Kalau belum, coba carilah di youtube . Aslinya, lagu itu digubah oleh Razif bin Zainuddin dari Projector Band, tapi liriknya kemudian ditulis kembali oleh Mr. Bie, alias Hasbi Haji Muh Ali, seorang youtuber asal Malaysia.

Lagu itu, menurut saya, luar biasa. Jika dengarkan lagunya dan resapi liriknya, kata demi kata. Kita seperti sedang menyaksikan salah satu sisi kehidupan Rasulullah ﷺ yang selama ini agak jarang kita tahu. Yakni tentang romantisme kisah iba Rasulullahﷺ dengan Siti Aisyah.

Memang belakangan ini ada yang merasa keberatan terhadap lirik lagu tersebut. “Sungguh tidak tata menceritakan keadaan istri Rasulullah ﷺ dengan menggambarkan penampakan fisiknya, ” begitu kira-kira alasannya. Menurut Kiai Yahya, salah seorang yang keberatan atas lirik lagu itu, seharusnya perilaku dan akhlaknya lah dengan lebih ditonjolkan, bukan fisiknya.

Publik pun bertanya-tanya, apakah kisah kasih Nabi ﷺ yang dimuat dalam lirik lagu tersebut benar adanya? Adakah sumber referensinya yang kredibel dan layak dipercaya? Sebetulnya tidak sulit untuk melacak hadits dari kitab-kitab rujukan dengan mu’tabarah . Tidak harus menjadi ahli hadits zaman untuk bisa menemukannya, karena dalam zaman sekarang sudah sangat banyak fasilitas pencarian digital yang mampu kita pakai. Salah satu yang sangat populer adalah Maktabah Syamilah , yaitu aplikasi digital yang berisi kumpulan kitab-kitab rujukan terpercaya dan sudah dilengkapi secara kemampuan pencarian ( al-bahts , searching ).

Dengan penyelidikan digital, kita akan menemukan bahwa kisah tentang Nabi ﷺ menelan dari bekas gelas Siti Aisyah itu bersumber dari Siti Aisyah sendiri yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam kitab Musnad nya (hadits no. 24382, jilid V). Demikian juga hadits tentang “main lomba lari” yang diriwayatkan oleh Imam Bubuk Daud (hadits no. 2578), pula bersumber dari cerita Siti Aisyah. Begitu pun kisah yang lain, seperti, “mencubit hidung”, “menyisir rambut”, “rebahan di pangkuan”, itu seluruh ada haditsnya.

Sejenis banyak kisah kehidupan Rasulullah ﷺ yang belum (tapi perlu) kita ketahui, untuk kita teladani. Bukankah Nabi Muhammad ﷺ adalah suri teladan dalam segala hal! Tidak hanya terkait langsung dengan ibadah mahdhah, tetapi juga sisi lain kehidupan rumah tangganya. Betapa Nabi kita ﷺ ternyata sangatlah mesra. Bukan hanya dengan Siti Aisyah, tetapi juga dengan ummahatul mu’minin lainnya.

Lalu, kok di bagian awal tulisan ini saya menyebut Via Valen? Saat ini banyak sekali cover lagu “Aisyah Orang Rasulullah” di youtube . Saya sudah membandingkan sekian banyak clip, dan menurut aku video clip versi Via Valen itu sangat bagus. Bukan saja vocal dan aransemen nya, tapi juga busana, ekspresi, dan attitude nya —performa secara keseluruhan, taat saya, paling bagus. Elegan !

Walhasil? Pesan yang ingin disampaikan pada lirik lagu melaui cover Via Valen itu bisa tersampaikan pada audien dengan baik. Delivered ! Efek psikologis yang saya rasakan adalah excited , rasa haru, kagum, & semakin cinta kepada Rasulullah ﷺ.

Allāhumma shalli ‘alā Sayyidinā Muhammad.

***

*) Penulis, H Amin Said Husni, Pemerhati sosial keagamaan dengan tinggal di Bondowoso

*) Tulisan opini ini sepenuhnya merupakan tanggungan penulis, tidak menjadi periode tanggung jawab redaksi timesindonesia. co. id

_________
**)
Kopi TIMES atau rubrik paham di TIMES Indonesia terbuka untuk ijmal. Panjang naskah maksimal 4. 000 karakter atau sekitar 600 introduksi. Sertakan riwayat hidup singkat beserta foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

**) Naskah dikirim ke alamat e-mail: opini@timesindonesia. co. id

**) Redaksi berhak tidak menatangkan opini yang dikirim.