Santri Temboro Positif Covid-19 Berhasil Sembuh Berkat Isolasi Mandiri

Kediri (beritajatim. com) – Kabar tertib datang dari pasien terkonfirmasi pasti Covid-19 Kabupaten Kediri. Warga Daerah Parang, Kecamatan Banyakan tersebut dinyatakan telah sembuh.

Penderita yang selama ini melakukan isolasi di rumah karantina desa itu merupakan satu dari 6 peristiwa Klaster Pondok Pesantren Temboro.

“Dari pemeriksaan laboratorium, buatan swab yang dilakukan pada pasien tersebut terkonfirmasi negatif. Selain tersebut dapat kami sampaikan bahwa tidak semua pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dirawat di rumah sakit, ” kata Juru Bicara Gugus Perintah Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kediri dr. Ahmad Chotib.

Masih kata dr. Ahmad Chotib, perawatan di rumah sakit diprioritaskan kepada pasien yang menunjukkan petunjuk parah atau mempunyai penyakit penyerta (comorbid) dan memerlukan penanganan medis.

Meski menjalani isolasi mandiri, pasien Covid-19 juga memperoleh obat anti virus serta vitamin secara rutin. Isolasi mandiri dikerjakan jika kondisi rumah memungkinkan, antaralain tersedia ruang tidur dan kamar mandi terpisah dengan anggota puak yang lain. Namun jika tak memungkinkan, pasien bisa dirawat di rumah karantina desa atau di Wisma Atlit Pare.

Saat ini terdapat 106 kasus pasti Covid-19 di Kabupaten Kediri, secara rincian 90 orang dirawat, sembilan orang sembuh dan delapan karakter meninggal.

Gugus Tugas terus mengingatkan masyarakat agar mematuhi anjuran protokol kesehatan, dengan tetap berada di rumah dan memakai masker apabila terpaksa bepergian. Selain itu, warga diharapkan menjaga jeda atau physical distancing dan sering membersihkan tangan memakai sabun [nm/but]