Seniman Rupa Wanita Mojokerto Lolos Pameran dari Rumah yang Digelar Kemenparekraf RI

Mojokerto (beritajatim. com) – Kementrian Pariwisata & Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) menggelar Pemeran dari Panti dengan tema ‘Menjaga Api Semangat’. Sebanyak 150 lukisan dari 617 kompetitor yang berasal dari segenap penjuru tanah air berhasil terpilih dan akan dipamerkan secara maya.

Salah satunya adalah seniman rupa asal Kabupaten Mojokerto. Dialah Ken Andhisti warga Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto. Ia bergandengan tiga seniman rupa asal Mojokerto ikut dalam Pameran dari Rumah yang dibuka pendaftarannya pada 19 Mei 2020 lalu.

Lukisan beraliran abstrak berjudul Poet ini merupakan salah satu karya putri pasangan seniman almarhum Harisasono dan almarhum Rupiati yang dibuat selama pandemi Covid-19. Lukisan tersebut menggambarkan tentang keresahan setelah munculnya wabah virus corona.

Sejak wabah Covid-19, guru SMPN 4 Kota Mojokerto memang tentu produktif dalam berkarya di panti. Ada enam lukisan yang sudah dihasilkannya selama tiga bulan final, satu diantaranya lolos Pameran dari Rumah sebagai ruang pamer online bagi para seniman rupa dengan digagas Kemenparekraf RI.

“Selama pandemi Covid-19, saya tentu melukis di rumah. Semuanya hamba ungkapkan lewat karya abstrak ini. Ada karya jadi saya menimbrung daftar pameran karena setiap keadaan kebanyakan di rumah. Mengajar meniti daring dan ternyata alhamdulillah painting saya lolos, ” ungkapnya, Jumat (19/6/2020).

Dia mengaku sempat tidak menyangka, jika lukisan tersebut berhasil lolos. Mengingat, sebesar 617 kompetitornya adalah seniman corak terbaik dari penjuru tanah tirta. Dalam waktu dekat, 150 painting termasuk hasil karyanya akan dipamerkan secara virtual. Selain Ken, tersedia dua nama seniman rupa asal Mojokerto yang lolos yakni Ernowo Budi dan M Ivan. [tin/kun]