Tips Menjaga Kesehatan di Masa Pancaroba Selama Pandemi Virus

Surabaya (beritajatim. com) – Pancaroba mula-mula di tengah kondisi pandemi virus Corona. Kondisi ini membuat daya tahan tubuh menghadapi virus yang berbeda. Hal ini membuat kita harus waspada karena harus membentengi kondisi sehat dan kuat gaya tahan tubuhnya.

Terlebih dalam pancaroba tak sedikit pribadi akan mengalam sakit baik tersebut radang tenggorokan, flu, batuk serta panas. Gejala ini juga menjelma bagian dari mempercepatnya berkembangnya terjangkitnya virus corona di tubuh kita. Oleh sebab itu kita perlu mencoba hal lain saat melindungi kebugaran dan kesehatan tubuh pada masa pandemi ini.

Berikut tips menjaga ksehatan saat pancaroba di masa pandemi virus Covid-19 ala dr Tiara Pangsa Dewi. Beliau merupakan alimnus Universitas Airlangga dan saat ini bekerja di RS swasta di Kabupaten Mojokerto.

Prima:
Jaga asupan Prasmanan dan Minum.
pilih sasaran yang sehat dengan gizi cocok untuk menunjang imunitas tubuh semasa pandemi, perbanyak sayur dan bahan yang mengandung vitamin B, vitamin C, zinc, dan vitamin D. Serta mengonsumsi air putih dengan cukup untuk menjaga metabolisme & meningkatkan daya tahan tubuh. Taat Institute of Medicine’s Food and Nutrition Board kebutuhan hidrasi/air putih pada wanita adalah 2, 7 liter per hari. Sementara, adam membutuhkan 3, 7 liter tirta putih per hari untuk mencapai asupan air putih yang lengkap. Minum air putih 1-2 gelas setiap bangun tidur juga penting untuk mengganti cairan tubuh dengan hilang selama tidur malam.

Kedua:
Olahraga, untuk menjaga kebugaran awak dan membantu meningkatkan sistem imun, pilih olahraga yang low risk di era pandemi, sangat dianjurkan untuk tetap latihan fisik dirumah. beberapa anjuran latihan fisik yang dapat dilakukan selama pandemi:

Latihan aerobik: latihan aerobik seperti berjalan cepat di kawasan rumah atau naik turun nikah selama 10-15 menit, atau memasukkan tutorial senam aerobik via youtube dapat dilakukan didalam atau diluar ruangan dengan tetap menerapkan social distancing.

Latihan kekuatan otot: gerakan seperti squat (jongkok-berdiri), lunges, push up

Stretching break: lakukan peregangan stagnan selama 2 jam sekali dan menahannya selama 10-15 detik.
menurut perhimpunan dokter spesialis kesehatan olahraga, latihan fisik intensitas medium dapat meningkatkan imunitas tubuh. sedangkan latihan dengan intensitas tinggi malah menurunkan imunitas.

kehebatan sedang: saat latihan fisik sedang bisa berbicara walau terengah-engah.
intensitas tinggi: saat latihan fisik tidak bisa sambil bicara.

Ketiga:
Istirahat cukup, istirahat yang lulus dalam sehari dapat membantu melestarikan metabolisme dan imunitas tubuh. Orang dewasa usia 18-40 tahun memerlukan waktu tidur 7-8 jam sehari. Kebutuhan tidur akan terus menurun dengan berjalannya usia. Usia 40-60 tarikh cukup 7 jam perhari & jika telah mencapai lansia yaitu 60 tahun keatas cukup 6 jam perhari.

Disarankan untuk menetapkan waktu istirahat yang teratur. Kurang istirahat dapat menurunkan konsentrasi belajar dan bekerja, memperburuk kondisi kesehatan, mebuat tampilan indra peraba terlihat kusam dan pucat, gegabah terlihat bengkak, serta meningkatkan kemungkinan munculnya obesitas dan stres.

Keempat:
Jaga kesehatan mental, di dalam tubuh yang sehat terdapat atma yang kuat. Selain menjaga kesehatan fisik, kesehatan jiwa/ mental ataupun segala sesuatu yang berhubungan dengan pikiran, batin dan watak pribadi juga penting dijaga kesehatannya selama era pandemi lho.

Cara sederhana untuk menjaga kesehatan mental: Membiasakan diri berpikir dan mengatakan hal positif terhadap diri sendiri, menulis jurnal atau merekam hal yang patut disyukuri di setiap harinya, fokus mengerjakan pada satu hal dalam satu waktu, terbuka pada orang lain, kelola stres/ emosi dengan baik. jika merasakan butuh bantuan, jangan takut untuk mencari pertolongan atau bantuan medis.

Kelima:
Hindari konsumsi Kopi, Cerutu dan Alkohol
Setelah mamah siang, hindari konsumsi makanan atau minuman yang mengandung caffein. Caffein yang terdapat pada teh ataupun kopi terbukti dapat menyebabkan cermin tidur terganggu. Dua jam pra tidur hindari rokok dan alkohol. Rokok dapat menstimulasi pusat saraf manusia yang membuat sulit tidur.

Keenam:
Konsumsi multivitamin jika diperlukan.

Ketujuh:
Ingat pesan ibu, taati protokol kesehatan, menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan dengan bersih. Dengan bagini kita bakal memiliki imunitas yang baik untuk melawan virus saat pancaroba dalam masa pandemi Virus Covid-19.

Mari bersama-sama saling menjaga kesehatan fisik dan mental, semoga pandemi ini segera berakhir, vitalitas! (man/kun)