Tumenggung Jombang: Tak Ada Open House

Jombang (beritajatim. com) – Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab menyampaikan sebanyak pesan saat sambutan doa Idul Fitri di Langgar Baitul Mukminin, Alun-alun, Jombang, Kamis (13/5/2021). Utamanya mengenai larangan mudik, larangan menunaikan open house dalam rangkan memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Idul Fitri tahun ini tidak ada mudik, silaturahmi hanya dengan keluarga inti, tanpa tersedia open house baik pada lingkungan pemerintah, komunitas juga di masyarakat. Ini dilakukan demi menjaga kesehatan & keselamatan diri sendiri & orang lain dari Covid-19, ” tuturnya.

Masih pada suasana pandemi Covid-19, pengikut muslim merayakan Idul Fitri 1442 H/2021 M dengan Protokol Kesehatan ketat. Juga tetap memperhatikan aturan penyelenggaraan salat Idul Fitri di tengah pandemi yang ditetapkan oleh Pemerintah.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Jombang juga pribadi Tumenggung Mundjidah Wahab menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri. “Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Minal Aidzin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir Moral, ” sambungnya.

Salat id di Langgar Baitul Mukminin menerapkan adat kesehatan secara ketat. Para jemaah menggunakan jarak sedemikian rupa. Juga diwajibkan menjalankan masker serta mencuci lengah menggunakan sabun.

Selain bupati, hadir pula Wakil Bupati Jombang Sumrambah, Sekretaris Daerah Kabupaten Jombang, Kepala OPD (oraganisasi perangkat daerah) serta masyarakat umum. Pelaksanaan salat Idul Fitri menghadirkan Khotib Prof. Maskuri Bahri (Rektor UNISMA Malang) serta imam salat, Kiai Rijalul Fikri Al Hafidz.

Dalam khutbahnya, Prof. Maskuri Bahri membawa umat untuk menumbuhkan tindakan peduli terhadap kaum lembek di tengah pandemi Covid-19. Serta mengambil hikmah membangun dari sebulan penuh berpuasa dan kembalinya manusia ke fitrah. [suf]