Ultah ke-75, PMI Jember Dapat ‘Kado’ 4 Pemakaman Protokol Covid

Ultah ke-75, PMI Jember Dapat ‘Kado’ 4 Pemakaman Protokol Covid

Jember (beritajatim. com) – Sengkang Merah Indonesia (PMI) merayakan keadaan ulang tahun ke-75, Kamis (17/9/2020). Bertepatan dengan hari jadi sistem kemanusiaan ini, tim pengantar jenazah mendapat ‘kado’ empat pemakaman secara protokol Covid-19.

Humas PMI Jember Ghufron Evian Effendi mengatakan, sejak 28 April hingga 17 September 2020, total pihaknya mengantarkan jenazah dengan protokol Covid dari rumah sakit ke pemakaman sebanyak 64 kali. “Semuanya gratis. Jenazah tersebut banyak yang membangun Covid-19 maupun suspect. Ada yang orang dalam pemantauan, orang secara risiko, dan pasien dalam perlindungan, ” katanya.

Ghufron mengatakan tugas pengantaran jenazah dengan protokol Covid-19 adalah tugas kemanusiaan sesungguhnya. “Ini karena dalam haluan standar prosedur operasional manajemen jenazah PMI bertujuan untuk memastikan perlakuan bermartabat terhadap jenazah pada periode pandemi covid-19, ” katanya.

foto/ilustrasi

Ghufron mengatakan, ada tren peningkatan jumlah antaran jenazah ke pemakaman dengan menggunakan protokol Covid-19. Itulah yang membuat PMI Jember terus meningkatkan kampanye & tindakan pencegahan penyebaran Covid-19 dengan penyemprotan disinfektan di tempat-tempat ijmal. Sasarannya mulai dari jalan protokol, masjid, pasar, alun, kantor serta tempat umum lainnya, termasuk ke rumah warga.

PMI Kabupaten Jember juga membagikan masker, memberikan hand sanitizer ke jawatan. “Relawan PMI juga aktif melakukan sosialisasi melalui program promosi kesehatan. Relawan bersama tim promkes Klinik PMI di Jubung aktif keliling kecamatan, pasar tradisional, menyosialisasikan pentingnya pakai masker, jaga jarak, serta selalu cuci tangan untuk menghalangi penularan virus corona. Ratusan Hand Sprayer juga dibagikan ke semesta pondok pesantren di Kabupaten Jember, ” kata Ketua PMI Kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki. [wir/ted]